Kamis, 12 Februari 2015

Macam Kelainan yang terjadi pada Sistem Gerak Manusia

1.Riketsia
     Riketsia terjadi karena kekurangan vitamin D yang berfungsi membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga proses pengerasan tulang terganggu. Penyembuhan dan pencegahan dari penyakit ini yaitu dengan menambah kalsium, fosfor dan vitamin D kedalam menu makanan. Vitamin D dapat diperoleh dari makanan dan suplemen.
     Seseorang yang berusia 1-70 tahun membutuhkan vitamin D sebanyak 15 Mg/hari. Seseorang yang berusia 71 tahun keatas membutuhkan vitamin D sebanyak 29 Mg/hari.
     VitaminD dapat diaktifkan dengan bantuan sinar matahari pagi melalui berjemur, karena melalui paparan sinar matahari pagi selama 10-15 menit, sinar ultraviolet dari matahari akan dapat membantu tubuh mengaktifkan pro vitamin D menjadi vitamin D.
     Vitamin D aktif akan dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor didalam tubuh, sehingga akan menambah jumlah kalsium dan fosfor dalam darah.

2. Osteoporosis
     Osteoporosis disebabkan karena kekurangan kalsium. pada orang yang sudah tua biasanya menghasilkan sedikit hormon, sehingga osteoblast sebagai pembentuk tulang kurang aktif dan massa tulang pun menjadi berkurang. Tulang yang kekurangan kalsium akan menjadi rapuh dan patah.

3. Fraktura (patah tulang)
     Salah satu penyebab terjadinya fraktura (patah tulang) yaitu karena tulang mengalami benturan yang keras, misalnya pada saat kecelakaan atau jatuh dari tempat yang tinggi. 
     Fraktura dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
  a. Fraktura Tertutup
     Fraktura tertutup terjadi jika tulang patah tetapi bagian ujung yang patah tidak menembus kulit.
  b. Fraktura Terbuka
     Fraktura terbuka terjadi jika ujung tulang yang patah keluar menembus kulit.

4. Artritis
     Artritis adalah penyakit sendi. Penyakit ini mempunyai tulang rawan pada sendi yang rusak. Kerusakan ini menyebabkan sendi menjadi sakit dan bengkok.
     Rematik adalah salah satu bentuk artritis. Penyebab terjadinya artritis masih belum diketahui dengan pasti.
     Menghindari infeksi yang akut dan mengonsumsi makanan yang seimbang dapat mengurangi terjadinya artritis.

5. Lordosis, Kifosis, Skoliosis
 a. Lordosis
     Lordosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan ke arah depan di bagian pinggang. Orang yang mengalami kelainan ini pinggangnya terlihat lebih menonjol kedepan. Lordisis dapat disebabkan karena perut penderita yang terlalu besar (misal, karena hamil atau kegemukan), riketsia, atau kebiasaan yang salah.
b. Kifosis
     Kifosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan ke arah belakang. Penderita kifosis tubuhnya terlihat bungkuk. Kifosis dapat disebabkan karena penyakit (misalnya TBC dan riketsia) atau kebiasaan duduk yang salah.
 c. Skoliosis
     Skoliosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang ke arah samping. Skoliosis dapat disebabkan oleh penyakit polio atau kebiasaan yang salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar