Sabtu, 14 Februari 2015

MANFAAT PENGHIJAUAN

     Penghijauan adalah adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan progam nasional yang dilaksanakan diseluruh Indonesia.
     Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai tanah air atau pelindung lingkungan. Ada pula yang mengatakan bahwa penghijauan kota adalah suatu usaha untuk menghijaukan kota dengan melaksanakan pengelolaan taman-taman kota, taman-taman lingkungan,jalur hijau, dan sebagianya.
     Pada proses fotosintesa tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan C6H12O6 serta peranan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Disamping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagi fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

* Manfaat hutan, antara lain :

  1. Sebagai suplyer oksigen
  2. Sebagai pencegah banjir
  3. Sebagai penyejuk alam
  4. Sebagai paru-paru dunia
* Cara penghijauan hutan.
  1. Pembuatan hutan / kebun rakyat
  2. Pembuatan kebun bibit desa
* Tips memelihara hutan.
  1. Tebang penjarangan / tebang pilih
  2. Pemberantasan hama dan penyakit
  3. Pembersian samak
  4. Pemangkasan cabang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar