Sabtu, 14 Februari 2015

Otot pada Manusia

* Fungsi Otot
     Otot adalah penggerak bagian-bagian tubuh, sehingga otot disebut juga alat gerak aktif. Hampir 35 hingga 40 persen massa tubuh adalah jaringan otot.
     Otot adalah jaringan yang dapat berkontraksi (mengerut) dan relaksasi (mengendur).
     Pada saat berkontraksi otot menjadi lebih pendek, dan pada saat berelaksasi otot menjadi lebih panjang. Proses kontraksi ini mengakibatkan bagian-bagian tubuhmu bergerak,pada saat kontraksi ini diperlukan energi.
     Fungsi otot dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Otot yang bekerja di bawah kesadaran adalah otot yang kerjanya dikendalikan secara sadar, artinya kamu dapat mengendalikan apakah harus atau tidak menggerakkan otot-otot tersebut. Contoh kerja otot-otot pada saat kamu makan, menulis, berlari, serta aktivitas lainnya yang dilakukan secara sadar.
  2. Otot yang bekerja diluar kesadaran adalah otot yang tidak dapat dikendalikan, artinya kamu tidak dapat mengedalikan apakah menggerakkan otot-otot tersebut. Contoh dari aktivitas jantung untuk selalu memompa darak ke seluruh tubuh, aktivitas otot-otot lambung untuk mencerna makanan secara mekanik.
* Jenis-jenis Otot
 Otot dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
  1. Otot Rangka, yaitu otot yang paling banyak di dalam tubuh. Jika diamati di bawah mikroskop, sel-sel otot rangka terlihat bergaris-garis melintang, sehingga otot ini juga disebut otot lurik. Otot rangka melekat pada tulang tendon. Tendon adalah pita tebal, berserabut, dan liat yang melekat otot pada tulang. Otot rangka tergolong sadar.
  2. Otot Polos, terdapat pada dinding organ dalam seperti lambung, usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah. Otot polos berkontraksi dan berelaksasi sangat lambat, otot ini berbentuk gelendong dan memiliki sebuah inti pada tiap selnya.
  3. Otot Jantung, hanya ditemukan di jantung, otot jantung tergolong tidak sadar. Otot jantung mempunyai garis-garis seperti otot rangka namun, otot jantung mirip otot polos karena tergolong tidak sadar. Otot jantung berkontraksi sekitar 70 kali per menit sepanjang hari selama hidupmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar